RPH Halong Temukan Objek Wisata Alam

Riam – Salah satu yang ditemukan tim

Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan melalui Tim RPH Halong pada KPH Balangan kembali melaksanakan identifikasi jasa lingkungan di Desa Liyu Kecamatan Halong, ditemukan potensi wisata alam berupa sumber air panas dan beberapa riam yang selama ini belum banyak diketahui masyarakt luar.

Perjalanan tim dimulai dengan menyusuri tepi sungai galombang. Terlihat keindahan sungai dengan airnya yang deras dan masih jernih serta batuan kali dan batu gunung yang ada di dalam dan tepi sungai sehingga sangat berpotensi untuk di jadikan wisata susur sungai dengan menggunakan bambu rafting atau perahu karet.

Dipinggir sungai Galombang terdapat pula potensi sumber air panas. Sumber air panas tersebut memiliki daya tarik sendiri karena di wilayah Kabupaten Balangan belum ada potensi yang sama. Akan tetapi potensi ini masih belum di kelola oleh masyarakat.
Lokasi ini berada di blok inti, koordinat X : 352504,2 Y : 9764045,2

Kemudian terdapat potensi wisata alam Riam Pamihakulou yang berada di blok pemanfaatan petak 211 dengan koordinat X : 352672 Y : 9764453 dan wisata alam Riam Kalalayang yang masih berada di blok pemanfaatan petak 212 dengan koordinat X : 352930 Y : 9764453 . Kedua riam ini lokasinya berdekatan yaitu sekitar 500 meter antar riam.
Lokasi berada pada blok inti X : 349716 Y : 9763289

Diharapkan dengan ditemukannya beberapa objek wisata baru yang sangat berpotensial ini, pemerintah daerah setempat ataupun dinas terkait dapat memberikan dukungannya untuk menjadikannya sebagai alternative pilihan wisata di Kalimantan Selatan dan menarik kunjungan para wisatawan dalam maupun luar daerah Kalsel, sehingga mampu meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) sekaligus mensejahterakan perekonomian masyarakat sekitar objek wisata.

#DishutProvKalsel