Bergerak Menembus Batas Turun Ke Desa-Desa Jilid II

#Hari ke-1, Kedatangan Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor, di beberapa desa pelosok melalui Kegiatan Bergerak (Berjuang Gelorakan Rakyat, red) Menembus Batas Jilid II Bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), selalu mendapat sambutan hangat masyarakat, bahkan di antara masyarakat tak sungkan memeluk erat pria yang akrab disapa Paman Birin ini.

“Alhamdulillah Paman Birin berkenan mengunjungi permukiman kami. Sungguh kami masyarakat tidak menduga kedatangan gubernur”, ucap H. Elang, tokoh masyarakat, Desa Aluan Mati, Kecamatan Batu Banua Barabai, Hulu Sungai Selatan. Menurut H. Elang, kedatangan Gubernur ini sangat membuat masyarakat gembira. Gubernur tidak hanya bersilaturahmi dengan masyarakat tetapi juga berkenan membagikan paket sembako pada desa-desa yang dikunjungi.

Lebih membuat masyarakat gembira menyambut kedatangan gubernur dan rombongan, Paman Birin dengan pakaian ala perjuangan tempo dulu berhasil menggelorakan semangat masyarakat agar selalu mencintai dan menghargai para pejuang seperti sosok Pejuang Kalimantan H. Hasan Basri
“Beliau (gubernur, red) sosok pemimpin yang menghargai para pejuang dan mencintai rakyat. Kami doakan semoga Paman sekeluarga dan juga rombongan, dipanjangkan umur, sehat wal’afiat dan terwujud semua cita-citanya”, doa Elang.

Hampir di setiap desa yang dikunjungi, Paman Birin selalu mengajak seluruh masyarakat untuk senantiasa mencintai dan menghargai perjuangan para pahlawan dengan cara meneladani nilai-nilai perjuangan dalam sikap dan prilaku kehidupan. “Kita harus melanjutkan perjuangan-perjuangan yang telah dikorbankan para pejuang nasional maupun daerah. Hari ini, melalui momentum Peringatan HUT ke 68 Proklamasi Pemerintahan Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan, mari kita bersama BERGERAK, Entaskan Kemiskinan, Kebodohan dan Entaskan Keterbelakangan”, ucap Paman Birin usai membacakan Teks Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan.

Saat tiba di Desa Birayang Suropati Kecamatan Batang Alai Selatan, Gubernur bersama Forkopimda Kalsel dan tim melaksanakan upacara penghormatan di Makam Pahlawan Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan.

Sejumlah desa yang dikunjungi gubernur dan rombongan antara lain Desa Batu Panggung Kec.Haruyan, Desa Hantakan Kec.Haruyan Kab. HST, Desa Alam Mati dan Desa Sei Bayau Kec. Batu Benawa, Desa Birayang Surapati Kec. Halong, Desa Jaro Kecamatan Jaro Tabalong, Desa Tanta Kecamatan Tanta dan Desa Kaung. Gubernur dan rombongan juga menginap di sejumlah masjid, antara lain Masjid Jannatul Ma’wa di Desa Kaung.